komputer dan jaringan dasar materi

  1.)    sejarah komputer,laptop,dan gadget.                                                                                                                   Sejarah komputer dan laptop saat ini menunjukkan perkembangan yang sangat baik. Semua kegiatan manusia menjadi lebih mudah dibuatnya. Bahkan komputer ini menjadi unsur yang paling penting dalam menciptakan dunia yang lebih teratur.
Komputer ini sangat bermanfaat bagi seluruh komponen masyarakat, baik itu masyarakat biasa, pegawai kantoran hingga militer. Kabarnya saat ini pihak militer sedang mengembangkan pesawat tempur yang tidak membutuhkan pilot.
Namun, canggihnya teknologi sekarang ini tidak luput dari sejarah perkambangannya. Jadi ada baiknya jika Anda mengetahui bagaimana komputer ini ditemukan dan bagaimana perkembangannya.
Bermula dari penemuan alat hitung oleh Charles Babbage menjadikan perkembangan teknologi mampu menciptakan perangkat yang saat ini dinamakan komputer. Bahkan smartphone yang Anda pegang saat ini pun salah satu hasil dari pengembangan penemuan tersebut
.
2.)       perangkat input dan output komputer dan laptop .                                                                                    Perangkat input adalah perangkat ‘masukkan’ untuk unit komputer yang cara kerjanya memberikan perintah secara langsung dengan menghasilkan informasi berbentuk digital kepada para pengguna. Ada berbagai macam perangkat keras berjenis input yang diciptakan untuk komputer, berikut adalah contohnya: 
       1.keyboard         2..mouse            3.joystik        4.scanner         5.monitor            6.projector
           7.speaker              8.printer

3. )   perangkat lunak dan perangkat keras komputer dan laptop.   
      -  PERANGKAT LUNAK KOMPUTER (SOFTWARE)
Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk  menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :
  1. Mengidentifikasi program
  2. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
  3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
Macam-macam Perangkat Lunak
Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :
  1. Sistem Operasi (Operating System),
  2. Program Aplikasi (Application Programs),
  3. Bahasa Pemrograman (Programming Language),
  4. Program Bantu (Utility)
  5. Sistem Operasi (Operating System)        
    Jenis-jenis Perankat Lunak Sistem Operasi
    Macam-macam perangkat lunak sistem operasi yang digunakan saat ini terbagi menjadi tiga kelompok besar.
    Keluarga Microsoft Windows, antara lain terdiri atas Windows Dekstop Environment. Windows 9x ( windows 95, 98, Windows ME), dan Windows NT ( Windows NT3 3.x) Wndows NT 4.0 Windows 2000, Windows Xp, Windows server 2003, Windows Vista, Windows 7 Windows 8 dan Windows 10.
    Keluarga Unix – Unix menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, Seperti SCO UNIX.
    Keluarga BSD GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama darwin) dan GNU/Hurd.
    Mac OS adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintos, Sistem operasi terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 Tiger.

    Perangkat keras – hardware komputer Secara umum perangkat komputer terbagi menjadi 3 bagian yaitu Hardware ,software dan brainware. Perangkat keras (hardware) komputer adalah alat-alat dari komputer yang dapat dilihat, disentuh atau berwujud/berbentuk untuk mendukung kinerja dari computer itu sendiri. 

    Perangkat lunak (software) komputer adalah sekumpulan data elektronik yg disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yg disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yg akan menjalankan suatu perintah.

    Melalui software inilah suatu computer dapat menjalankan suatu perintah,sedangkan brainware adalah orang/manusia yg menjalankan atau menggunakan komputer tersebut. Untuk pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai perangkat keras (hardware) komputer beserta fungsinya, tanpa lama lagi yuk kita langsung bahas saja.
-PENGERTIAN HARDWARE (PERANGKAT KERAS) KOMPUTER
Pengertian dari hardware atau  dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. 
 Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
  1. input divice (unit masukan)
  2. Processdevice (unit Pemrosesan)
  3. Output device (unit keluaran)
  4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
  5. Periferal ( unit tambahan)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

menganalisis pc analyzer

Karakterristik media penyimpanan

dasar desain grafis