Karakterristik media penyimpanan

satuan transfer, metode akses, kinerja, tipe fisik dan karakteristik fisik).
2 Siswamampu Menyajikan gagasan untuk merangkai beberapa memori dalam sistem komputer.
3 Siswa mampu mengidentifikasi keandalan memori
4 Siswa mampu Mengidentifikasi Rangkaian memori RAM - EPROM

B. Materi Pembelajaran

Karakteristik Media Penyimpanan

Media penyimpanan memiliki beberapa karakteristik penyimpanan baik berdasarkan materi yang tergantung di dalamnya ataupun berdasarkan fungsi dari penyimpanannya, diantara karakteristik media penyimpanan tersebut;

  • Kecepatan/Speed, merupakan waktu yang dibutuhkan untuk membaca data pada saat sedang berjalan atau pada saat komputer melakukan proses perintah dan menulis data ketika diperintahkan untuk melakukan menulis. Dan Cost akan meningkat apabila sejalan dengan meningkatnya kecepatan pada saat memori di gunakan.
  • Volatility, merupakan kemampuan yang dimiliki media penyimpanan untuk menyimpan data ketika tidak ada sumber daya dari Power Supply yang mengalirinya, media tersebut dapat menurun dengan meningkatnya volatility sehungga pada saat proses ini tidak membutuhkan adanya sumber daya.
  • Metode Akses, merupakan metode yang mengakses secara bersamaan terhadap lebih dari satu lokasi media penyimpanan secara Paraell, serta dapat dilakukan dengan mengakses penyimpanan secara linier, random, portability, dan capacity.
Komputer bekerja ketika dinyalakan, dan BIOS juga akan langsung berjalan yang kemudian akan memerintahkan komputer untuk melakukan POST. Fungsi POST sendiri adalah untuk mengenali peralatan komputer seperti merk motherboar, ram, kecepatan processor, tahun pembuatan, manufacktur dari BIOS, monitor, keyboard, mouse, dan lain sebagainya.

Pemeriksaan tersebut bertujuan apakah berjalan dengan baik atau tidak komponen komputer tersebut, apabila pada proses ini ternyata mengalami permasalahan maka komputer akan mengeluarkan bunyi beep menandakan komponen ada yang rusak.

Jika permasalahan pada memory secara otomatis media tersebut tidak menyimpan file atau tidak berfungsi dengan baik, bahkan tidak menyala komputer karena permaslahan pada memory sebagai pembaca tidak berfungsi dengan baik.

Media penyimpanan ini merupakan bagian dari sistem komputer yang sangat penting, komponen tersebut tidak hanya dibutuhkan di perangkat komputer saja akan tetapi PDA juga membutuhkan dukungan dari media tersebut untuk melakukan proses sebagai mana mestinya.

Media penyimpanan (storage) berfungsi sebagai tempat penyimpanan data atau informasi dalam bentuk binary, media ini memiliki komponen elektronik yang berguna untuk menyimpan intruksi sebelum di proses penyimpanan data. Sedangkan pada memory terdapat tiga komponen dasar di dalam komputer, seperti : Aplikasi program yang dapat mengatur sistem kerja tertentu, Sistem operasi yang mengatur komputer dan perangkat yang ada pada komputer, dan Aplikasi program tertentu yang akan menyimpan data pada saat proses sedang berlangsung. 


Berikut adalah komponen yang berfungsi sebagai media penyimpanan data:
  1. Hard disk, merupakan komponen yang sangat penting untuk komputer karena berfungsi sebagai media penyimpanan data dari semua sistem komputer, baik sistem operasi, data pribadi maupun aplikasi penunjang  kinerja komputer.hard-disk-samsung-300x2772. CD/DVD, merupakan media penyimpanan data yang berupa piringan. Untuk membaca data maupun menyimpan data pada CD/DVD kita memerlukan perangkat yang bernama CD/DVD ROOM yang berfungsi untuk memburning data yang akan disimpan didalam CD.
hndg
  1. flashdisk, merupakan tempat penyimpanan media elektronik yang mempunyai ukuran yang kecil,sehingga mudah untuk dibawa kemana –mana. Pada saat sekarang ini flashdik merupakan perangkat yang wajib dimiliki untuk semua siswa,karyawan dan yang berkerja dibidang computer dan lain lain.kapasitas dari hardik juga bermacam macam,mulai dari 1 GB , 2 GB , 4 GB , 8 GB , 32 GB dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan seseorang.
usb-flash-disk-mb
4. MMC atau Mini Memori Card merupakan media penyimpanan dengan ukuran yang sangat kecil, MMC biasanya digunakan untuk media penyimpanan pada perangkat Handphone (HP). Satuan ukuran MMC berkisar antara 512MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB dan seterusnya sesua dengan kebutuhan dari setiap penggunanya.
715mknmexal-_sl1500_

Media penyimpanan atau storage device dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan kebutuhan manusia untuk menyimpan data semakin bertambah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

menganalisis pc analyzer

dasar desain grafis