materi simulasi digital

1.Cara Membuka Microsoft Word untuk Membuat Dokumen Baru

0
Sebelum membuat dokumen baru dengan Microsoft Word, kita perlu membuka aplikasinya terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah cara membuka Microsoft Word, membuat dokumen baru pada Microsoft Word, dan cara menyimpan dokumen pada Microsoft Word.

A. Cara Membuka Microsoft Word

Berikut 3 cara membuka aplikasi Microsoft Word,

1. Membuka Microsoft Word 2007, 2010, dan 2013 di Windows XP dan 7

  1. Klik menu START
  2. Pilih All Program
  3. Kemudian pilih Microsoft Office
  4. Pilih Microsoft Office Word 2007
  5. Maka jendela Microsoft Word akan terbuka.

2. Membuka Microsoft Word 2016 di Windows 8 dan 10

  1. Klik menu START
  2. Pilih All Apps
  3. Pilih Word 2016
  4. Maka jendela Microsoft Word akan terbuka.
Berikut ilustrasinya,
Cara membuka Microsoft Word

3. Membuka Microsoft Word Melalui Shortcut di Desktop

Kita dapat melakukan klik dua kali (double clicks) pada shortcut Microsoft Word yang telah ada di desktop untuk mempercepat membuka aplikasi Microsoft Word.
Shortcut MS Word di Desktop

B. Cara Membuat Dokumen Baru pada Microsoft Word

Saat kita membuka aplikasi Microsoft Word, kita secara bersamaan telah membuat dokumen baru yang berjudul “Document1”. Jika kita ingin membuat dokumen baru lagi dapat menggunakan langkah berikut,
  1. Klik Ribbon File
  2. Pilih New
  3. Pilih Blank Document
  4. Maka akan dibuat dokumen baru berikutnya.
Berikut ilustrasinya,
Cara membuat dokumen baru pada Microsoft Word

Shortcut Membuat Dokumen Baru Microsoft Word

Kita dapat menggunakan shortcut keyboard CTRL + N untuk membuat dokumen baru pada Microsoft Word.

2.Page Setup (Pengaturan Halaman) Pada Microsoft Word


Pengaturan Halaman atau yang sering dikenal dengan Page Setup adalah tahapan yang sangat penting dalam pengerjaan sebuah dokumen Word. Pengaturan tersebut tentunya bertujuan agar dapat menghasilkan bentuk halaman yang rapih, sistematis, mudah diatur/diedit dan ketika diprint/cetak dapat menghasilkan dokumen cetak yang sesuai dengan harapan.

Pada saat ini apabila kita berbicara tentang bisa atau tidaknya seseorang bekerja dengan komputer khususnya bekerja yang berhubungan dengan aplikasi dokumen office, maka hampir dapat dipastikan bahwa persentasenya sangatlah tinggi. Akan tetapi apabila kita berbicara tentang seberapa dalam kemampuannya menggunakan aplikasi office tersebut, maka jawabannya sangatlah sedikit orang yang mampu menguasai aplikasi office dengan baik bahkan untuk sebuah aplikasi Microsoft Word yang sudah sangat populer sekalipun.   

Pembahasan tentang Page Setup kali ini, mudah-mudahan dapat membantu warga TerampilOffice untuk dapat meningkatkan kemampuan diri dalam menggunakan aplikasi pengolah kata Microsoft Word.

 3.Memformat Atau Mengatur Paragraf Pada Microsoft Word
Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang terjalin utuh, mengandung sebuah makna, dan di dalamnya terdapat gagasan utama. Tanpa mengurangi informasi yang ada pada paragraf tersebut, pengaturan paragraf perlu diperhatikan agar dokumen yang dibuat bisa tersusun rapi dan menarik.

 Paragraf pada Microsoft Word akan tersusun rapi dan menarik apabila: Perataan Horizontal, Indentasi dan Spasi Paragraf dapat diformat atau diatur dengan baik. 
format-paragraf-1


Mengatur Perataan Horizontal

Pada Microsoft Word 2007, 2010 dan versi setelahnya untuk mengatur perataan horizontal pada suatu paragraf dapat dilakukan dengan menggunakan icon icon yang ada di Group dalam Ribbon Tab/Menu Bar yang sedang aktif, yaitu dengan cara mengklik icon sesuai dengan perataan horizontal yang ingin dipilih.

Beberapa Perataan Horizontal pada suatu paragraf yang dapat dipilih adalah sebagai berikut:
format-paragraf-2

  • Align Text Left, berfungsi untuk membuat paragraf rata kiri
format-paragraf-3
  • Center, berfungsi untuk membuat perataan poros tengah pada paragraf
format-paragraf-4
  • Align Text Right, untuk membuat paragraf rata kanan
format-paragraf-5
  • Justify, untuk membuat paragraf rata kanan kiri. 


Icon-icon tersebut terdapat pada Tab Home tepatnya pada Group Paragraph.

Perataan horizontal pada Microsoft Word juga dapat diatur menggunakan perpaduan tombol keyboard dengan menekan tombol Ctrl dan L (untuk Aligh Text Left), Ctrl dan E (untuk Center), Ctrl dan R (untuk Align Text Right) serta Ctrl dan J (untuk Justify).


Mengatur Indentasi 

Indentasi adalah pergeseran teks sebuah paragraf dari margin kiri atau margin kanan. Terdapat beberapa macam indentasi paragraf sebagai berikut:
  • Firs Line Indent, digunakan untuk membuat paragraf alinea.
  • Hanging Indent, digunakan untuk membuat paragraf gantung.
  • Left Indent, digunakan untuk membuat bagian kiri paragraf menjorok ke dalam.
  • Right Indent, digunakan untuk membuat bagian kanan paragraf menjorok ke dalam. 
Pada Microsoft Word 2010 pengaturan indentasi dapat dilakukan dengan cara mengatur besar indentasi di kotak dialog paragraph. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:
  • Pilihlah paragraf yang akan diatur indentasinya. Cara termudah memilih paragraf adalah dengan meletakkan cursor di area paragraf yang akan diatur indentasinya. 
format-paragraf-6
  • Dari Tab Home klik Dialog Box yang ada pada Group Paragraph 
format-paragraf-7
  • Pada jendela Dialog Box yang tampil klik tab Indents and Spacing 
format-paragraf-8
  • Pada bagian Indentation, di kotak up-down Left. Tentukan jarak indentasi kiri paragraf dan pada kotak up-down Right tentukanlah jarak indentasi kanan paragraf. 
format-paragraf-9
  • Di kotak pilihan Special pilihlah indentasi baris yang diinginkan (Firs line atau Hanging) dan kotak pilihan By tentukan besar indentasinya. 
format-paragraf-10
  • Setelah pengaturan indentasi selesai kemudian klik tombol OK. 
    format-paragraf-11

    Selain menggunakan kotak dialog Paragraph, indentasi juga dapat diatur dengan cara menggeser batas indentasi yang terdapat di mistar (Ruler). Mengatur indentasi dengan menggunakan batas indentasi pada mistar dapat dilakukan dengan cara memilih paragraph, kemudian menggeser batas indentasi sesuai dengan indentasi yang diinginkan.
    format-paragraf-12
    Kita juga dapat mengatur indentasi paragraf dengan memilih paragraf dan mengklik icon Decrease Indent yang terdapat di Group Paragraph untuk mengurangi besar indentasi paragraf atau mengklik tombol Increase Indent untuk memperbesar indentasi paragraf.
    format-paragraf-13
    Decrease Indent dan Increase Indent juga dapat dijalankan dengan menggunakan perpaduan tombol keyboard, tekan Shift dan huruf untuk Decrease Indent dan tekan Ctrl dan huruf Muntuk Increase Indent.


    Mengatur Spasi Paragraf 

    Dalam bahasan ini terdapat 2 macam spasi yang akan dibahas: pertama spasi atau jarak antar paragraf, kedua adalah spasi baris yaitu jarak antar baris yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pengaturan spasi antar paragraf ataupun spasi antar baris dalam Microsoft Word dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

    • Bloklah paragraf-paragraf yang akan diatur spasinya.
    format-paragraf-14


    • Pada tab Home di group Paragraph klik Dialog Box.

    format-paragraf-15

    • Klik tab Indent and Spacing.
    • Di bagian Spacing, pada kotak Before, pilih atau masukan jarak antara paragraf sebelumnya dengan paragraf yang dipilih.
    • Pada kotak After pilih atau masukan jarak antara paragraf yang dipilih dengan paragraf sesudahnya.
    format-paragraf-16
    Langkah ini digunakan untuk mengatur spasi antar paragraf.


    • Pada kotak pilihan Line spacing pilihlah spasi baris yang akan diterapkan. Langkah ini digunakan apabila ingin menggunakan spasi baris yang ada di didaftar pilih Line spacing.
    • Sedangkan apabila ingin menerapkan spasi baris yang tidak ada di daftar pilih atau ingin mengisikan langsung jarak spasi baris, maka pada kotak At isikan jarak spasi baris yang diinginkan.
    format-paragraf-17
    Langkah ini digunakan untuk mengatur spasi antar baris. 
    • Klik tombol OK bila pengaturan spasi sudah sesuai dengan yang diharapkan. 
    Pengaturan spasi paragraf juga dapat diatur dengan memanfaatkan ikon Line and Paragraph Spacing yang ada pada group Paragraph.
    format-paragraf-18
    Selain kedua cara tersebut di atas, pengaturan spasi paragraf juga dapat dapat diatur dengan lebih cepat dengan memanfaatkan perpaduan tombol keyboard. Pada pengaturan spasi baris tekan tombol Ctrl dan (untuk baris dengan 1 spasi), tekan tombol Ctrl dan 5 (untuk 1,5 spasi), tekan tombol Ctrl dan 2 (untuk 2 spasi). Sedangkan untuk spasi antar paragraf dapat dilakukan dengan cara menekan tombol Ctrl dan ) (tutup kurung) untuk Before atau memberikan jarak suatu paragraf dengan paragraf sebelumnya sebesar 12 pt. 

    4.Fungsi Copy, Cut, Paste, Redo dan Undo pada Microsoft Word


    Fungsi menu Copy, Cut, Paste, Redo dan Undo | Materi yang akan saya bahas pada publish artikel kali ini ialah wacana apa bergotong-royong fungsi dari tool – tool Copy, Cut, Paste, Redo dan Undo. Saya yakin fungsi dari 4 komponen tersebut sudah sangat banyak yang sudah tau, namun disini saya akan mencoba membuatkan dan mengingatkan kembali wacana fungsi 4 komponen tersebut.
    Fungsi Copy, Cut, Paste, Redo dan Undo pada Microsoft Word
    A. Fungsi fitur Copy
    Copy atau yang dalam bahasa indonesianya salin ialah digunakan untuk menjiplak sebuah kata, tabel, paragraf, gambar, dan object lainnya dalam bentuk apa pun.

    Langkah – langkah yang mampu anda lakukan untuk mengkopy ialah sebagai berikut:
    1. Pertama tentukan kata, kalimat ataupun objek lainnya yang akan diCopy
    2. Selanjutya Pilih menu Home =>Clipboard => Copy pada menu Ribbon.
    3. Kemudian tekan kombinasi tombol CTRL+C pada keyboard.
    4. Lalu klik kanan pada objek yang akan di-copy lalu pilih/klik menu Copy.
    Hasil dari perintah Copy tersebut mampu di gunakan untuk sebanyak – banyaknya tanpa ada batas ke document lain “unlimitid”.

    B. Fungsi fitur Cut
    Cut digunakan untuk menghapus kata, paragraf, kelompok kata, tabel, gambar, dan object apapun dan objek tersebut akan dipindahkan ke daerah lain.

    Langkah – langkah yang mampu anda lakukan untuk mengCut ialah sebagai berikut :
    1. Pertama pilih kata atau kalimat ataupun objek lainnya yang ingin anda Cut
    2. Setelah itu Pilih menu Home => Clipboard => Cut pada menu Ribbon.
    3. Lalu tekanlah kombinasi antara tombol CTRL + X pada keyboard.
    4. Klik kanan pada objek yang akan di-Cut lalu pilih/klik menu Cut.

    C. Fungsi fitur Paste
    Paste ialah menu yang digunakan untuk menempelkan kata, paragraf, kelompok kata, tabel, gambar, dan object apapun yang sebelumnya telah di Copy atau di Cut.
    Langkah – langkah untuk memPaste ialah sebagai berikut :
    1. Pertama letakkan kesor ditempat dimana, kalimat ataupun objek lainnya akan diletakkan atau dipastekan.
    2. Setelah itu Pilih menu Home => Clipboard => Paste pada menu Ribbon.
    3. Atau mampu juga dengan menekan kombinasi tombol CTRL + V pada keyboard.
    4. Dan yang terakhir dengan Klik kanan pada objek yang akan di-Paste lalu pilih/ klik menu Paste.

    D. Fungsi fitur Redo
    Redo ialah kebalikan dari undo atau cara untuk mengulang perintah yang sudah dibatalan sebelumnya.
    Langkah – langkah untuk mengRedo sebuah perintah
    1. Menekan kunci kombinasi Ctrl+Y pada keyboard.
    2. Di sebelah kanan toolbar undo terdapat icon redo
    E. Fungsi fitur Undo
    Undo ialah menu yang berisi perintah untuk membatalkan suatu perintah yang sudah dilakukan sebelumnya.
    Langkah – langkah untuk melaksanakan Undo ialah sebagai berikut
    1. Dengan menekan kombinasi Ctrl + Z pada keyboard.
    2. Pada menu toolbar terdapat icon Undo yang digambarkan dengan rotasi 90 derajat ke kiri

    Komentar