konsep dasar jaringan komputer



Jenis jaringan komputer yang ada sekarang
1)      PAN (Personal Area Network)
Merupakan jaringan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan yang satu ini hanya berjarak 1 sampai 5 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan. misalnya pada saat kita menghubungkan komputer dengan HP, Heandset ataupun perangkat sejenis lainnya.

Hasil gambar untuk gambar jaringan pan
Pertemuan 2
2)     Local Area Network (LAN)
Pada tahun 1940-an di Amerika ada sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersama. Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, karena mahalnya harga perangkat komputer maka ada tuntutan sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Dari sinilah maka muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), bentuk pertama kali jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer.
Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN (Local Area Network). Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa ditingkat dunia yang disebut dengan istilah WAN (Word Area Network).
LAN merupakan jaringan komputer yang sering digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstatioan dalam suatu kantor suatu perusahaan atau pabrik- pabrik untuk memakai sumber daya (resaource, misalnya printer) secara bersama-sama dan saling bertukar informasi yang masih dalam satu area.
Hasil gambar untuk gambar lan
Ciri-ciri LAN:
-          Bekerja di area geografis yang terbatas.
-          Dapat digunakan multi-access hingga high-bandwidth.
-          Administrasi dilakukan melalui administrator lokal.
-          Koneksi secara Full-Time dan langsung (Directly Connected )

Tugas 1
1.Buat Topologi Jaringan LAN
2.Deskripsikan perangkat dan alat yg dibuat di soal 1
3.Jelaskan Keuntungan dan kerugian di topologi tersebut(soal no 1)

jawaban:
1.
2.c


  • Modem.

    • Network Interface Card (NIC)
    • HUB.
    • Switch.
    • Bridge.
    • VDSL.
    • Unshielded Twisted Pair Cable (UTP)
    • Coaxial Cable.
    3.Keuntungan LAN

    1.Pertukaran file dapat dilakukan denganPertukaran file dapat dilakukan denganmudah (File Sharing)mudah (File Sharing)

    2.Pemakaian printer dapat dilakukan olehPemakaian printer dapat dilakukan olehsemua client (Printer Sharing)semua client (Printer Sharing)

    3.File data yang keluar/masuk dari/ke serverFile data yang keluar/masuk dari/ke serverdapat di kontrol.dapat di kontrol.

    4.Proses backup data menjadi lebih mudahProses backup data menjadi lebih mudahdan cepatdan cepat

    5.FileFile--file data dapat disimpan pada server,file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semuasehingga data dapat diakses dari semuaclient menurut otorisasi sekuritas dariclient menurut otorisasi sekuritas darisemua karyawan, yang dapat dibuatsemua karyawan, yang dapat dibuatberdasarkan struktur organisasiberdasarkan struktur organisasiperusahaan sehingga keamanan dataperusahaan sehingga keamanan dataterjamin.terjamin.
    6.Proses backup data menjadi lebih mudahProses backup data menjadi lebih mudahdan cepatdan cepat

    7.Resiko kehilangan data oleh virusResiko kehilangan data oleh viruskomputer menjadi sangat kecil sekalikomputer menjadi sangat kecil sekali

    8.Komunikasi antar karyawan dapatKomunikasi antar karyawan dapatdilakukan dengan menggunakan Edilakukan dengan menggunakan E--Mail &Mail & ChatChat

    9.Bila salah satu client/server terhubungBila salah satu client/server terhubungdengan modem, maka semua ataudengan modem, maka semua atausebagian komputer pada jaringan LANsebagian komputer pada jaringan LANdapat mengakses ke jaringan Internetdapat mengakses ke jaringan Internet   

    10.Biaya akses ke Internet lebih murah karena menggunakan Server 
    11.informasi dapat lebih banyak ditemukan oleh client
    12.Dapat saling tukar menukar data/informasi
    13.Bisa dijadikan Workstation


    Kerugian LAN
    1.Jika menggunakan HUB akan lebih lambat dalam pengaksesan karena speed terbagi untuk client yang lain
    2.Tidak bisa dijadikan sebagai Server

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    menganalisis pc analyzer

    Karakterristik media penyimpanan

    dasar desain grafis