mengevaluasi paragraf deskripsi,argumentatif,naratif,dan persuasif
A. Paragraf Narasi –> Menceritakan atau mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa sehingga tampak seolah-olah pembaca mengalami sendiri peristiwa itu. Ciri – Ciri Narasi :
Menurut Gorys Keraf
- Menonjolkan unsur perbuatan atau tindakan.
- Dirangkai dalam urutan waktu.
- Berusaha menjawab pertanyaan “apa yang terjadi?”
- Ada konfiks. Jenis-jenis Paragraf Naratif:1) Paragraf Naratif Urutan WaktuParagraf naratif urutan waktu menonjolkan sisi urutan waktu terjadinya peristiwa. Hal ini sering disebut dengan istilah kronologi.2) Paragraf Naratif Urutan Tempat KejadianParagraf naratif urutan tempat menonjolkan tempat atau lokasi terjadinya peristiwa.
B. Paragraf Deskripsi –> Menggambarkan sesuatu (objek) secara terperinci atau mendetil sehingga tampak seolah-olah pembaca melihat, mendengar, dan merasakannya sendiri.
ciri ciri deskripsi =
- · Melukiskan atau menggambarkan suatu objek tertentu
- · Bertujuan untuk menciptakan kesan atau pengalaman pada diri pembaca agar seolah-olah mereka melihat, merasakan, mengalami atau mendengar, sendiri suatu objek yang dideskripsikan
- · Sifat penulisannya objektif karena selalu mengambil objek tertentu, yang dapat berupa tempat, manusia, dan hal yang dipersonifikasikan
- · Penulisannya dapat menggunakan cara atau metode realistis (objektif), impresionistis (subjektif), atau sikap penulis Jenis Paragraf Deskripsi :1. Deskripsi SpatialParagraf ini menggambarkan atau melukiskan suatu objek yang berupa ruang atau tempat.2. Deskripsi SubjektifParagraf ini berisi gambaran atau lukisan objek yang didasarkan tafsiran atau kesan perasaan penulisnya. Penulis menggambarkan objek tersebut dengan opini atau kesan pribadinya.3. Deskripsi ObjektifDeskripsi objektif adalah suatu paragraf yang menggambarkan atau melukiskan suatu objek tertentu secara apa adanya sehingga pembaca dapat membayangkan keadaan yang sebenarnya pada objek tersebut. Paragraf ini tidak disertai dengan opini atau kesan penulis.
C. Paragraf Argumentasi –> mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat penulis dengan disertai bukti dan fakta
Ciri – Ciri Argumentasi :
- · Menjelaskan pendapat agar pembaca yakin.
- · Memerlukan fakta untuk pembuktian berupa gambar/grafik, dan lain-lain.
- · Menggali sumber ide dari pengamatan, pengalaman, dan penelitian.
- · Penutup berisi kesimpulan. Jenis-jenis Paragraf Argumentasi:· Paragraf Argumentasi Sebab-AkibatParagraf ini diawali dengan pendapat-pendapat yang berupa sebab-sebab dari suatu permasalahan tertentu yang pada akhirnya diarahkan pada satu kesimpulan umum yang disebut juga dengan akibat dari sebab-sebab tersebut.· Paragraf Argumentasi Akibat-SebabParagraf argumentasi ini diawali dengan pendapat-pendapat yang berupa akibat dari suatu permasalahan tertentu dan pada bagian akhir paragraf dijabarkan apa yang menjadi penyebab akibat-akibat tersebut.
D. Paragraf Persuasi –> karangan yang bertujuan untuk meyakinkan dan membujuk seseorang agar melakukan sesuatu yang dikehendaki penulis. Jenis-jenis Paragraf Persuasif:
a) Persuasi politik
Sesuai dengan namanya, persuasi politik dipakai dalam bidang politik oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang politik dan kenegaraan. Para ahli politik dan kenegaraan sering menggunakan pesuasi jenis ini untuk keperluan politik dan negaranya. Kita akan bisa memahami persuasi politik lebih baik lagi, bila kutipan berikut ini kita kaji dengan teliti. Naskah persuasi politik berikut ini berkombinasi dengan eksposisi.
b) Persuasi pendidikan
Persuasi pendidikan dipakai oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang pendidikan dan digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Seorang guru, misalnya, bisa menggunakan persuasi ini untuk mempengaruhi anak supaya mereka giat belajar, senang membaca dan lain-lain. Seorang motivator atau inovator pendidikan bisa memanfaatkan persuasi pendidikan dengan menampilkan konsep-konsep baru pendidikan untuk bisa dilaksanakan oleh pelaksana pendidikan. Kutipan artikel berita ini dapat dijadikan bahan menelaah karangan persuasi pendidikan.
MENYUSUN KEMBALI FORMAT DOKUMEN PENGOLAH KATA
A.Membuat Dokumen Sederhana
1.Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word , biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun,jika computer tidak secara otomatis tidak menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bias menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru :
- Klik tombol Microsoft Office – lalu klik New,
- Maka keluar kotak dialog New,
- Pada kotak dialog new document, di bawah menu Templates, terdapat beberapa pilihan seperti :
- Blank document, untuk dokumen yang kosong.
- Installed Template, untuk membuat dokumen dari beberapa template yang disertakan dalam paket Microsoft Word.
- My Template, untuk dokumen dari template buatan.
- New From Existing, untuk membuat dokumen dari beberapa template yang terdapat pada file yang telah disimpan.
- Jika computer yang sedang digunakan terhubung ke internet, kita juga dapat menggunakan template yang disediakan opada Microsoft Office Online.
- Jika sudah dipilih, klik Create,
Atau bisa juga menggunakan cara alternatif yaitu dengan klik tombol New Document yang ada pada toolbar Quick Access (jika sudah dibuat).
Selain menggunakan kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol Ctrl+N di keyboard, maka dokumen baru akan ditampilkan di layar.
2.Menyimpan Dokumen
- Menyimpan Dokumen Baru
Untuk pertama kalinya menyimpan dokumen yang baru saja kita buat ke bentuk file dokumen pada sistem Microsoft Office Word 2007 adalah :
1) Klik tombol Microsoft Office, lalu klik Save As. (atau tekan Ctrl+S untuk perintah di keyboard).
2) Ketiganya akan menampilkan kotak dialog Save As.
3) Pada pilihan Save in tentukan folder atau drive yang akan dijadikan tempat penyimpanan.
4) Ketikkan nama file dokumen pada kotak file name, lalu klik Save.
- Menyimpan Setelah Melakukan Perubahan
Untuk menyimpan dokumen yang baru saja dirubah di file asalnya (file itu juga), caranya tinggal Klik tombol Microsoft Office , lalu klik Save. Atau tekan Ctrl+S di keyboard.
- Menyimpan Dokumen dengan Nama Lain
Untuk menyimpan dokumen yang sudah disimpan pada sistem Microsoft Office 2007, dan ingin disimpan dengan nama lain (tidak disatukan dengan dokumen asli), maka :
- Klik tombol Office button, lalu klik Save As atau tekan F12 di keyboard.
- Keduanya akan menampilkan kotak dialog Save As.Ketikkan nama file dokumen baru (tidak boleh sama dengan nama sebelumnya) pada kotak file name,lalu Save.
- Menyimpan Dokumen Ke Format Lain
Secara default, Microsoft Word 2007 memiliki ekstensi (akhiran) docx. Untuk menyimpan dokumen baru saja kita buat pada sistem Microsoft Office 2007 ke format lain caranya :
- Klik tombol Microsoft Office, lalu klik Save As. (atau tekan F12). Maka akan muncul kotak dialoh Save As.
- Pada pilihan save in tentukan folder atau drive yang akan dijadikan tempat penyimpanan.
- Pada kotak File name,masukkan nama baru (jika namanya ingin dirubah).
- Pada pilihan Save As Type, klik format file dokumen yang diinginkan.
- Klik Save.
Komentar
Posting Komentar